Hari ini saya akan membahas materi sismul tentang Multimedia Design Pronciple.
Basic Principle :
- Proximity
- Alignment
- Repetition
- Contrast
Arsitektur Informasi
• Linear / Sequential : menceritakan
• Hierarchical : informasi terorganisasi
• Network / Web : exploring
What is Navigation?
- Key Questions
- Where am I?
- Where have I been?
- Where can I go to?
- Navigation Techniques
- Browsing
- Searching
- Site Maps
- Indexes
Navigasi
- Menyediakan indikator – ‘you are here’
- Cascading menus
- Thumbnail maps
- Color coding
- Menyediakan ‘Search facilities’
- Sitemaps
What is Interface Design?
Interface Design :
1. Hyperlinks, icons dan buttons
- Gunakan warna umum untuk mengindikasikan status hyperlinks (selected, rollover, atau clicked)
- Sediakan icons/buttons yang masuk akal
- Jangan paksa user untuk mengenali icon baru/spesial
- Bagaimana buttons diaktifkan/dipilih -> highlight atau perubahan bentuk
2. Penempatan (Alignment)
- Baik untuk elemen ‘horizontal’ maupun ‘vertical’
- Alignment yang baik membantu komunikasi yang lebih baik / bersih
- Centered text terlihat tidak indah dan menambah waktu membaca
- Keseragaman alignment untuk semua elemen di keseluruhan halaman website
3. Text
- Membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca dari layar daripada dari buku
- Pertimbangkan hirarki informasi
- Informasi kunci pertama kali hadir
- Menulis langsung, singkat, paragraf pendek dan daftar bullet
- Batasi penggunaan tipografi - maksimum 2
- Sans-serif lebih mudah dibaca
4. Warna
- Gunakan kombinasi yang sederhana Æ teori warna
- Warna hangat (warm colors) terlihat lebih besar dari warna dingin (cool colors)
- Warna cerah (bright colors) lebih besar dari warna gelap (dark colors)
- Warna kuat (intense), warna primer (saturated) dapat menyebabkan mata lelah jika digunakan dalam jumlah besar, jadi jangan gunakan warna-warna tersebut sebagai latar belakang (background)
5. Ukuran dan resolusi layar
- Resolusi semakin lama semakin besar
- Rancang untuk yang terendah dan paling banyak digunakan untuk menjamin keberhasilan
Metafora
- Aplikasi yang kompleks dapat dimengerti dengan lebih mudah jika user interfacenya digambarkan dengan sesuatu yang sudah umum
- Metafor yang tepat memudahkan user untuk belajar/mengingat aturan/prosedur aplikasi sesedikit mungkin
Isu-Isu Metafora
- Digunakan untuk menggambarkan aplikasi, bukan suatu button
- Memungkinkan beberapa metafora dalam satu aplikasi
- Metafora tidak harus selalu ada
- Gunakan metafora yang akan dimengerti oleh lebih banyak user
- Beberapa metafora belum tentu dikenal pada kebudayaan yang berbeda