Hello

Hello! Comments Pictures

22 May 2014

Multimedia Design Principle

Haiii..

Hari ini saya akan membahas materi sismul tentang Multimedia Design Pronciple.


Basic Principle :
- Proximity
- Alignment
- Repetition
- Contrast

Arsitektur Informasi
• Linear / Sequential : menceritakan
• Hierarchical : informasi terorganisasi
• Network / Web : exploring


What is Navigation?
  • Key Questions

  1. Where am I?
  2. Where have I been?
  3. Where can I go to?

  • Navigation Techniques

  1. Browsing
  2. Searching
  3. Site Maps
  4. Indexes

Navigasi
  • Menyediakan indikator – ‘you are here’

  1.  Cascading menus
  2. Thumbnail maps
  3. Color coding

  • Menyediakan ‘Search facilities’

  1. Sitemaps

What is Interface Design?


Interface Design :
1. Hyperlinks, icons dan buttons
  •  Gunakan warna umum untuk mengindikasikan status hyperlinks (selected, rollover, atau clicked)
  • Sediakan icons/buttons yang masuk akal
  • Jangan paksa user untuk mengenali icon baru/spesial
  • Bagaimana buttons diaktifkan/dipilih -> highlight atau perubahan bentuk

2. Penempatan (Alignment)
  • Baik untuk elemen ‘horizontal’ maupun ‘vertical’
  • Alignment yang baik membantu komunikasi yang lebih baik / bersih
  • Centered text terlihat tidak indah dan menambah waktu membaca
  • Keseragaman alignment untuk semua elemen di keseluruhan halaman website

3. Text
  • Membutuhkan waktu lebih lama untuk membaca dari layar daripada dari buku 
  • Pertimbangkan hirarki informasi 
  • Informasi kunci pertama kali hadir 
  • Menulis langsung, singkat, paragraf pendek dan daftar bullet 
  • Batasi penggunaan tipografi - maksimum 2 
  • Sans-serif lebih mudah dibaca

4. Warna
  • Gunakan kombinasi yang sederhana Æ teori warna
  • Warna hangat (warm colors) terlihat lebih besar dari warna dingin (cool colors)
  • Warna cerah (bright colors) lebih besar dari warna gelap (dark colors)
  • Warna kuat (intense), warna primer (saturated) dapat menyebabkan mata lelah jika digunakan dalam jumlah besar, jadi jangan gunakan warna-warna tersebut sebagai latar belakang (background) 

5. Ukuran dan resolusi layar


  • Resolusi semakin lama semakin besar
  • Rancang untuk yang terendah dan paling banyak digunakan untuk menjamin keberhasilan
Metafora
  • Aplikasi yang kompleks dapat dimengerti dengan lebih mudah jika user interfacenya digambarkan dengan sesuatu yang sudah umum
  • Metafor yang tepat memudahkan user untuk belajar/mengingat aturan/prosedur aplikasi sesedikit mungkin


Isu-Isu Metafora
  • Digunakan untuk menggambarkan aplikasi, bukan suatu button
  • Memungkinkan beberapa metafora dalam satu aplikasi
  • Metafora tidak harus selalu ada
  • Gunakan metafora yang akan dimengerti oleh lebih banyak user
  • Beberapa metafora belum tentu dikenal pada kebudayaan yang berbeda




No comments:

Post a Comment